PROGRAM PENGAJARAN INDIVIDUAL
Oleh: Sunardi PENDAHULUAN Satu komponen penting yang merupakan karakteristik utama penerapan konsep mainstreaming adalah program pengajaran individual (PPI). Istilah PPI sebenarnya diturunkan dari istilah aslinya berbahasa Inggris, yaitu IEP, yang dalam beberapa buku dijelaskan merupakan kependekan dari individualized educational plan, tetapi ada juga yang menyebutnya dengan individualized educational program. Bagi para guru yang telah terbiasa dengan pembuatan satuan pelajaran (SP), sebagian komponen-komponen program pengajaran individual mungkin tidak asing lagi, meskipun terdapat beberapa perbedaan. Perbedaan ini terlihat paling tidak pada dua hal, yaitu pada isi programnya dan pada proses penyusunannya. Dalam hal isinya, satu komponen PPI yang jelas tidak ada pada SP adalah diskripsi keadaan anak sekarang. Seperti tersurat pada istilah yang dipakai, PPI disusun untuk individual anak luar biasa, bukan untuk sekelas murid seperti pada SP. Oleh karena sifatnya ya...
Komentar
Posting Komentar